LKPD 2
MANAJEMEN
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
3.7
Mendeskripsikan konsep manajemen
|
3.7.1 Menjelaskan pengertian manajemen
3.7.2 Memahami unsur-unsur manajemen
3.7.3 Menganalisis fungsi-fungsi manajemen
3.7.4 Menjelaskan bidang-bidang manajemen
3.7.5 Menjelaskan
Penerapan fungsi manajemen dalam kegiatan
di sekolah
|
4.7 mengimplementasikan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
|
4.7.1
mengidentifikasikan fungsi
manajemen dalam kegiatan sekolah
4.7.2 menyajikan fungsi manajemen dalam kegiatan sekolah
|
Materi
pertemuan 1
MANAJEMEN
Istilah manajemen berasal dari
kata management (bahasa Inggris), turunan dari kata “to manage” yang artinya
mengurus atau tata laksana atau ketata laksanaan. Sehingga manajemen dapat
diartikan bagaimana cara manajer (orangnya) mengatur, membimbing dan memimpin
semua orang yang menjadi pembantunya agar usaha yang sedang digarap dapat
mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Banyak ahli yang memberikan
definisi tentang manajemen, diantaranya:
1. Harold
Koontz & O’ Donnel dalam bukunya yang berjudul “Principles of
Management” mengemukakan, “Manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian
sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain”.
2. George
R. Terry dalam buku dengan judul “Principles of Manajemen” memberikan
definisi: “ Manajemen adalah suatu proses yang membedakan atas perencanaan,
pengorganisasian, penggerakkan pelaksanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan
baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan
sebelumnya.
3. James A. F. Stoner, menyatakan bahwa
“Manajemen adalah seni untukmelaksanakan suatu pekerjaan melalui orang-orang”.
Bila kita simpulkan maka
manajemen berarti proses pencapaian
tujuan melalui kerja orang lain.
Pada pengertian tersebut dikatakan bahwa
manajemen adalah proses pencapaian tujuan melalui kerja orang lain.
Dengan demikian berarti dalam
manajemen terdapat minimal 4 (empat) ciri, yaitu:
1. ada tujuan yang hendak
dicapai,
2. ada pemimpin (atasan),
3. ada yang dipimpin (bawahan),
4. ada kerja sama.
Adapun tingkatan kepemimpinan atau manajemen terdiri dari:
1. Top Management (Manajemen Tingkat Atas)
2. Middle Management (Manajemen Tingkat Menengah)
3. Lower Management (Manajemen Tingkat Rendah).
Jumlah manajemen pada setiap
tingkatan tergantung pada besar kecilnya suatu organisasi atau instansi. Namun
demikian, biasanya Top Management jumlahnya akan lebih sedikit dari pada Middle
Management, dan Middle Management lebih sedikit daripada Lower Management.
Jadi
semakin tinggi kedudukan seseorang, semakin banyak memerlukan keterampilan
administrasi/manajemen, tetapi keterampilan operasionalnya semakin
rendah.Sebaliknya semakin rendah kedudukan seseorang, maka keteramplian
operasionalnya semakin tinggi, sedangkan keterampilan administrasinya/manajemennya
makin rendah. Dengan bahasa yang sederhana, sebetulnya ketiga jenis tingkatan
manajemen tersebut bekerja pada waktu yang sama, tetapi jenis kegiatannya
berbeda.
Manajemen
Tingkat Atas lebih banyak bekerja dengan pikiran, sedikit sekali bekerja secara
fisik atau tenaga. Manajemen Tingkat Menengah, antara kerja pikir dengan kerja
fisik boleh dikatakan seimbang. Sedangkan Manajemen Tingkat Bawah, bekerja
dengan pikiran sedikit sekali, sementara dengan fisik atau tenaga amat
besar/banyak.
PRINSIP MANAJEMEN
Manajemen
itu berarti proses pencapaian tujuan melalui kerja orang lain. Untuk dapat
mencapai tujuan secara efektif dan efisien maka harus didasarkan pada
prinsip-prinsip manajemen.
Prinsip manajemen adalah
dasar-dasar atau pedoman kerja yang bersifat pokok yang tidak boleh diabaikan
oleh setiap manajer/pimpinan.
Dalam prakteknya harus
diusahakan agar prinsip-prinsip manajemen ini hendaknya tidak kaku, melainkan
harus luwes, yaitu bisa saja diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan.
Menurut Henry Fayol, prinsip-prinsip
manajemen terdiri dari empat belas macam, yaitu:
1. Pembagian kerja yang berimbang
Dalam membagi-bagikan tugas dan jenisnya kepada semua
kerabat kerja, seorang manajer hendaknya tidak bersifat pilih kasih atau pilih
bulu, melainkan harus bersikap sama baik dan memberikan beban kerja yang
berimbang.
2. Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab
yang tegas dan jelas
Setiap kerabat kerja atau karyawan hendaknya diberi
wewenang sepenuhnya untuk melaksanakan tugasnya itu dengan baik dan
mempertanggung jawabkannya kepada atasan langsung.
3. Disiplin
Disiplin ialah kesedian untuk melakukan usaha atau
kegiatan nyata (bekerja sesuai dengan jenis pekerjaan yang menjadi tugas dan
tanggung jawabnya) berdasarkan rencana, peraturan dan waktu (waktu kerja) yang
telah ditetapkan.
4. Kesatuan perintah
Setiap karyawan atau kerabat kerja hendaknya hanya
menerima satu jenis perintah dari seorang atasan langsung (mandor/kepala
seksi/kepala bagian), bukan dari beberapa orang yang sama-sama merasa menjadi
atasan para karyawan/kerabat kerja tersebut.
5. Kesatuan arah
Kegiatan hendaknya mempunyai tujuan yang sama dan
dipimpin oleh seorang atasan langsung serta didasarkan pada rencana kerja yang
sama (satu tujuan, satu rencana, dan satu pimpinan).
6. Mendahulukan kepentingan umum di atas
kepentingan pribadi
Ketika seseorang sedang bekerja sebagai kerabat kerja,
maka semua kepentingan pribadi harus dikesampingkan/diabaikan atau disimpan
dalam hati.
7. Penggajian
Pemberian gaji dan cara pembayarannya hendaknya
diusahakan sedapat mungkin bisa memuaskan.
8. Pemusatan wewenang (sentralisasi)
Wewenang atau kewenangan untuk menentukan kebijaksanaan
umum hendaknya dipegang oleh administrator (sentralisasi/dari pusat).
9. Jenjang jabatan (hirarki)
Para karyawan harus tunduk dan taat kepada mandor, para
mandor harus tunduk dan taat kepada kepala seksi (manajemen tingkat rendah),
para kepala seksi harus tunduk dan taat kepada kepala bagian (manajemen tingkat
menengah) dan para kepala bagian harus tunduk dan taat kepada administrator
(manajemen tingkat atas).
10. Tata tertib
Di dalam tata tertib terdapat perintah dan larangan,
perizinan dan berbagai peraturan lainnya yang menjamin kelancaran pekerjaan
segenap kerabat kerja tanpa kecuali.
11. Keadilan
Segenap karyawan harus dianggap sama pentingnya dan sama
baiknya serta kalau terjadi perselisihan antar mereka tidak boleh ada yang
dibela, melainkan harus dilerai melalui musyawarah dan mufakat berdasarkan rasa
kekeluargaan.
12. Pemantapan jabatan
Setiap pejabat atau karyawan hendaknya tidak sering
diubah-ubah tugas dan jabatannya.
13. Prakarsa
Prakarsa atau inisiatif yang timbul di kalangan kerabat
kerja hendaknya mendapat penghargaan/sambutan yang layak.
14. Solidaritas atau rasa setia kawan
Rasa setia kawan biasanya muncul berkat kerja sama dan
hubungan baik antar kawan. Hal ini hendaknya dimanfaatkan untuk
kepentingan-kepentingan yang positif, konstruktif dan rasional.
Selanjutnya,
bagaimana kalau prinsip-prinsip manajemen di atas tidak dilaksanakan? Sudah
pasti tujuan yang telah ditetapkan sulit untuk dicapai.
contoh prinsip
pembagian kerja yang berimbang. Jika prinsip ini tidak dilaksanakan maka
akan timbul perpecahan diantara para kerabat kerja/karyawan. Karena ada yang
diberi tugas yang banyak dan ada pula yang sedikit, padahal mereka memiliki
kemampuan yang sama.
Contoh lain,
dalam prinsip kesatuan perintah. Jika prinsip ini tidak dilaksanakan
maka kerabat kerja/karyawan akan bingung. Sebab perintah yang diterima
bermacam-macam serta dari sumber yang berbeda-beda sehingga tujuan yang utama
tidak akan tercapai.
v FUNGSI MANAJEMEN
Fungsi Manajemen ialah berbagai
jenis tugas atau kegiatan manajemen yang mempunyai peranan khas dan bersifat
saling menunjang untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Fungsi manajemen menrut para ahli :
1. George
R. Terry. Dia menyebutkan bahwa fungsi manajemen terdiri dari:
a.
Planning (Perencanaan)
b.
Organizing (Pengorganisasian)
c.
Actuating (Penggerakkan)
d.
Controlling (Pengawasan).
2. Harold Koontz dan Cyril O’Donnel membagi fungsi manajemen menjadi:
a. Planning
(Perencanaan)
b. Organizing
(Pengorganisasian)
c. Staffing
(Penyusunan Pegawai)
d. Directing
(Pembinaan Kerja)
e. Controlling
(Pengawasan).
3.
Henry Fayol mengemukakan bahwa fungsi
manajemen terdiri dari:
a. Planning
(Perencanaan)
b. Organizing
(Pengorganisasian)
c. Commanding
(Pemberian Komando)
d. Coordinating
(Pengkoordinasian)
e. Controlling
(Pengawasan).
4. Lyndall
F. Urwick menambahkan pendapat Henry Fayol dengan Forecasting (Peramalan),
sehingga urutannya menjadi:
a. Forecasting (Peramalan)
b. Planning (Perencanaan)
c. Organizing (Pengorganisasian)
d. Commanding (Pemberian Komando)
e. Coordinating
(Pengkoordinasian)
f. Controlling
(Pengawasan).
5. Luther
Gullick membagi fungsi manajemen menjadi:
a. Planning
(Perencanaan)
b. Organizing
(Pengorganisasian)
c. Staffing
(Penyusunan Pegawai)
d. Directing
(Pembinaan Kerja)
e. Coordinating
(Pengkoordinasian)
f. Reporting (Pelaporan)
g. Budgeting (Anggaran).
Pengawasan (Controlling) disebut juga fungsi
pengendalian. Suatu proses untuk mengukur atau membandingkan antara perencanaan
yang telah dibuat dengan pelaksanaan. Dengan adanya pengawasan ini, diharapkan
jangan sampai terjadi kesalahan atau penyimpangan.
Disamping
itu, Forecasting (Peramalan) sering dijadikan sebagai bahan
pertimbangan. Forecasting ialah kegiatan meramalkan, memproyeksikan atau
mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi
sebelumsuatu rencana yang lebih pasti dapat dilakukan.
Dalam bidang ekonomi, penerapan prinsip
dan fungsi manajemen semakin terasa.Misalnya di perusahaan konveksi yang
menghasilkan pakaian jadi. Di perusahaan tersebut terlebih dahulu ditetapkan
jenis pakaian apa yang akan dihasilkan. Kemudian ada pembagian tugas untuk
mengukur, membuat pola, memotong bahan, menjahit, mengobras dan lain-lain. Akan
tetapi walaupun tugasnya berbeda-beda, namun tujuan akhirnya sama, yaitu jenis
pakaian yang telah direncanakan semula.
Disinilah perlunya kerjasama antar
karyawan dan dibimbing oleh pimpinan. Jika tidak, maka semua yang menjadi
kerabat kerja akan merugi, begitu pula pimpinan dan perusahaan pada umumnya.
Lampiran pertemuan 2
Unsur-unsur
manajemen
Agar tujuan manajemen tercapai,
diperlukan sarana atau unsur manajemen unsur manajemen ada enam (the six in management) yang meliputi :
1.Man (Manusia, orang,
tenaga kerja).
Unsur ini adalah unsur yang paling penting
dan menentukan dalam setiap kegiatan manajemen
2.Money (Uang)
Menyangkut masalah penyediaan dana. Unsur
ini tak kalah penting, tanpa asanya uang kegiatan akan kurang lancar
3. Methods
(Metode / sistem kerja)
Unsur ini berkaitan dengan strategi yang
akan digunakan
4. Machines
(Mesen-mesin)
Unsur ini pada zaman modern sangat berarti
sekali. Penggunaan mesin dalam kegiatan manajemen akan
memperlancar dan mempercepat pekerjaan
5. Materials
(Bahan-bahan pelengkap)
Unsur ini juga mempunyai arti penting
karena tanpa adanya bahan, manusia tidak dapat berbuat banyak dalam mencapai
tujuan
6. Market
(Pasar)
Unsur ini menyangkut tempat memasarkan
hasil produksi dari suatu kegiatan usaha. Penguasaan pasar dibutuhkan untuk
menyebarluaskan hasil-hasil produksi.
Lampiran materi pertemuan 3
Bidang-bidang Manajemen
Kemajuan ilmu pengetahuan terjadi
di segala bidang keilmuan, kalaupun ada perbedaan mungkin hanya terletak pada
banyak atau sedikitnya sarjana yang menangani satu bidang ilmu itu, atau
terletak pada cepat atau lambatnya kemajuan ilmu yang bersangkutan. Khusus
bidang manajemen terdapat tempat tersendiri dalam perkembangannya dekade-dekade
terakhir ini, hal ini dapat Anda buktikan dengan banyaknya kursus-kursus,
jurusan-jurusan dan akademi-akademi yang melibatkan diri dengan bidang
manajemen.
Adapun
bidang kajian manajemen yang dimaksud, antara lain sebagai berikut:
1.
Manajemen Perkantoran
2.
Manajemen Produksi
3.
Manajemen Pemasaran
4.
Manajemen Keuangan
5.
Manajemen Personalia
1.
Manajemen Perkantoran
Menurut
William Leffingwell & Edwin Robinson, Manajemen Perkantoran dapat
didefinisikan sebagai perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan
perkantoran, serta penggerakkan mereka yang melaksanakannya agar mencapai
tujuan-tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu.
Dengan
demikian, pada pokoknya Manajemen Perkantoran merupakan rangkaian
aktivitas merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan
(memberikan arah dan petunjuk), mengawasi dan mengendalikan (melakukan kontrol)
sampai menyelenggarakan secara tertib sesuai tujuan mengenai sesuatu hal atau
kegiatan.Hal atau sasaran yang terkena oleh rangkaian kegiatan itu pada umumnya
ialah pekerjaan perkantoran (office work).
Yang termasuk pekerjaan
perkantoran diantaranya:
a. mengetik (typing)
b. menghitung (calculating)
c.
memeriksa (checking)
d.
menyimpan warkat/arsip (filing)
e.
menelepon (telephoning)
f.
menggandakan (duplicating)
g. mengirim surat (mailing)
h. dan kegiatan lain.
2.
Manajemen Produksi
Manajemen Produksi dapat diartikan sebagai kegiatan pengaturan secara
maksimal dari faktor-faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal dan skill) agar
dapat menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa.
Kegiatan-kegiatan dalam
pengaturan faktor-faktor produksi tesebut tidak terlepas dari pelaksanaan
fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian,
penggerakkan dan pengawasan.
Fungsi-fungsi manajemen
tersebut sangat menentukan keberhasilan produksi.
Adapun tujuan manajemen
produksi adalah untuk mengatur produksi barang atau jasa dalam jumlah,
kualitas, harga, waktu serta tempat tertentu sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Tujuan lain dari manajemen
produksi adalah agar konsumen maupun produsen/perusahaan merasa
puas atau memperoleh keuntungan. Konsumen puas dengan barang atau jasa yang
dibelinya. Produsen/perusahaan puas dengan laba/keuntungan yang didapatnya.
Manajemen perkantoran
menekankan pada pengurusan pekerjaan kantor (office work), sedangkan manajemen
produksi menitikberatkan pada pengaturan faktor-faktor produksi (alam, tenaga
kerja, modal dan skill).
3.
Manajemen Pemasaran
Menurut
Philip Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran. Sedangkan
American Marketing Association, memberikan definisi bahwa pemasaran adalah
proses perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan
distribusi dari gagasan, yang memuaskan tujuan perseorangan dan organisasi.
Jadi,
manajemen pemasaran adalah kegiatan pengaturan secara maksimal
fungsi-fungsi pemasaran agar kegiatan pertukaran atau penyampaian barang atau
jasa dari produsen ke konsumen dapat berjalan lancar dan memuaskan.
Adapun fungsi-fungsi pemasaran
tersebut terdiri dari:
a. Penjualan, fungsi ini merupakan fungsi utama, karena bertujuan
untuk segera menjual barang/jasa ke konsumen sehingga memperoleh keuntungan.
b. Pembelian, bertujuan memilih barang yang akan dibeli untuk dijual
kembali. Misalnya memilih harga, jenis, bentuk, mutu dan warna yang sekiranya
dijual kembali akan memperoleh keuntungan.
c. Pengangkutan, fungsi pemindahan barang dari tempat barang dihasilkan
ke tempat barang dikonsumsi. Misalnya menentukan alat angkut ongkos dan
lain-lain yang berhubungan dengan distribusi.
d. Penyimpanan, merupakan fungsi untuk menyimpan barng-barang pada saat
barang selesai diproduksi sampai pada saat barang dikonsumsi.
e. Pembelanjaan, fungsi mendapatkan modal baik dari sumber intern
(pemilik) maupun ekstern (bukan pemilik).
f. Penanggungan resiko, adalah fungsi menghindari dan mengurangi resiko yang
berkaitan dengan pemasaran barang, misalnya dengan program asuransi.
g. Standarisasi dan Grading,
Standarisasi adalah batas-batas
dasar dalam bentuk spesifikasi barangbarang, seperti ukuran jumlah, kapasitas,
fisik dan kekuatan. Grading adalah usaha
menggolong-golongkan barang ke dalam golongan standar kualitas yang telah
mendapat pengakuan dunia perdagangan. Misalnya memeriksa dan menyortir dengan
panca indera, dengan alat, atau melalui contoh.
h. Pengumpulan Informasi Pasar, tentang macam barang yang beredar di pasar, jumlahnya,
barang yang dibutuhkan konsumen, harganya dan sebagainya.
4. Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan dikenal
dengan istilah pembiayaan, pembelanjaan atau permodalan. Manajemen Keuangan adalah
kegiatan untuk memperoleh dan menggunakan dana dengan tujuan meningkatkan atau
memaksimalkan nilai perusahaan.
Dari pengertian tersebut, maka
dalam manajemen keuangan terdapat dua fungsi, yaitu:
a. fungsi mendapatkan dana, bagaimana cara
mendapatkan dana yang paling menguntungkan,
b. fungsi menggunakan dana, bagaimana
menggunakan dana yang ada supaya efektif dan efisien.
Adapun kegiatan-kegiatan dalam
manajemen keuangan diantaranya:
a. menentukan jumlah dana yang diperlukan
b. mengalokasikan dana yang tersedia
c. menentukan sumber dana dengan
mempertimbangkan tingkat bunga dan jangka waktu pengembalian, dan lain-lain.
5. Manajemen Personalia
Kata personalia
atau personel atau kepegawaian mengandung arti keseluruhan
orang yang bekerja pada suatu organisasi tertentu.
Dengan
demikian Manajemen Personalia berarti segenap aktivitas yang bersangkut
paut dengan masalah penggunaan tenaga kerja manusia dalam suatu usaha kerja
sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Karena
obyeknya adalah tenaga kerja manusia, maka kegiatan manajemen personalia pun
tidak jauh dari penerimaan sampai pensiunnya tenaga kerja/ karyawan.
Bila dirinci maka kegiatan manajemen
personalia terdiri dari:
a. Pengadaan pegawai/penerimaan
b. Penarikan tenaga kerja,
untuk mengisi jabatan yang lowong,
c. Seleksi pegawai,
d. Pengembangan pegawai
e. Rotasi (perputaran) jabatan
f. Memotivasi pegawai
g. Mensejahterakan pegawai.
Berikut ini bagan
bidang manajemen
seperti berikut:
PENILAIAN PENGETAHUAN (TAHAP 1)
Pilihan
ganda
Pilihlah
jawaban yang paling tepat.
1. Fungsi
manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
Pendapat ini dikemukakan oleh....
a.
Henry Fayol d. William Newman
b.
Ernest Dale e. George Terry
c.
Koontz &O’Donnel
2.
Salah satu pertanyaan mendasar pada
perencanaan adalah Why, artinya.....
a.
Mengapa hal itu yang menjadi tujuan,
bukan hal lain.
b.
Apa perencanaan yang harus dibuat dan
apa yang hendak dicapai
c.
Mengapa lokasi itu dipilih menjadi
tempat kegiatan
d.
Menentukan jadwal pekerjaan
e.
Bagaimana cara melaksanakan pekerjaaan.
3.
Penggunaan alat-alat perkantoran,
pemeliharaan organisasi, dan pengadministrasian kegiatan adalah kegiatan yang
merupakan bagian dari.....
a.
Manajemen keuangan d. Manajemen administrasi
b.
Manajemen Produksi e. Manajemen Personalia
c.
Manajemen Pemasaran.
4.
Berikut ini adalah hal-hal yang dibahas dalam manajemen.
1.
Sumber dana
2.
Penerimaan pegawai
3.
Penggunaan dana
4.
Pengawasan penggunaan dana
5.
Promosi dan mutasi
Hal-hal
yang termasuk ruang lingkup manajemen keuangan adalah
a.
1,2 dan 3 d. 2,3 dan 4
b.
1,2 dan 4 e. 3,4 dan 5
c.
1,3 dan 4
5.
Perhatikan gambar berikut.
Jika
kotak yang berisi tanda tanya di beri judul maka judulnya adalah...
a.
Strategi pemasaran d. Faktor-faktor pemasaran
b. Fungsi
Pemasaran e. Urutan
kegiatan pemasaran
c. Taktik
pemasaran.
6. Pemeriharaan
organisasi merupakan ruang lingkup manajemen ....
a. Pemasaran d. Personalia
b. Keuangan e. Administrasi
c.
Produksi
7.
Implikasi dari pelaksanaan kegiatan
manajemen adalah memudahkan pelaksanaan pekerjaan, sebab dia sudah bekerja pada
tempat yang benar, tahu apa pekerjaan nya dan kepadasiapa dia bertanggung
jawab. Fungsi manajemen yang dimaksud
adalah...
a. Organizing d. Planning
b. Actuating e. Innovating
c.
Contolling
8.
Rincian pekerjaan yang jelas, waktu pelaksanaan jelas, tujuan
menjadi jelas, hal ini merupakan fungsi manajemen..
a. Organizing d. Planning
b. Actuating e. Innovating
c. Contolling
9. Fungsi
manajemen menurut George Terry yang bertujuan menggerakkan orang-orang agar
bekerja sesuai dengan tujuan yang ditetapkan adalah fungsi manajemen..
a. Organizing d. Planning
b. Actuating e. Innovating
c. Contolling
10. Aliran
manajemen berdasarkan hasil
diperkenalkan pertama-tama oleh....
a. Henry
fayol d.
Peter Drucker
b. George
Terry e.
William Newman
c. Ernest
Dale.
A. Essay
1. Jelaskan
pengertian manajemen ditinjau dari ...
a. Ditinjau
dari segi proses
b. Ditinjau
dari segi ilmu pengetahuan
c. Ditinjau
dari segi seni.
2. Ilustrasikan
sistem organisasi garis dan staf...
3. Identifikasikanlah
apa yang dimaksud dengan The right man on
the right place...
4. Identifikasilah
hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan produk...
5.
Jelaskanlah kegiatan manajemen
keuangan...
PENILAIAN PENGETAHUAN (TAHAP 2)
A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat, dengan cara memberi tanda
silang (x) padahuruf A, B, C, D dan E !
1. Manajemen adalah cara mencapai tujuan melalui kegiatan orang lain. Pendapatinidikemukakan oleh ….
A. F.W. Taylor
B. Prof. Dr. A. Sanusi
C. Harold Koonzdan Cyril O’Donnel
D. Luther M Gullick
E. John D. Millet
2. Aliran manajemen yang mempergunakan disiplin ilmu psikologi dan sosiologi’adalah….
A. aliran klasik
B. aliran perilaku
C. aliran ilmu manajemen
D. aliran análisis sistem
E. aliran manajemen berdasarkan hasil
3. Manajemen yang bertugas menjalankan rencana kerja yang dibuat manajemenMenengah adalah manajemen tingkat ….
A. atas
B. puncak
C. dasar
D. menengah
E. pelaksana
4. Keahlian konseptual adalah ….
A. kemampuan untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan semuakepentingan dan aktivitas organisasi
B. kemampuan untuk menggunakan prosedur, tekhnik dan pengetahuanmengenai bidang khusus
C. kemampuan untuk bekerjasama memahami dan memotifasi orang lainsebagai individu atau dalam kelompok
D. kemampuan untuk membuat proyeksi keuangan perusahaan di masayang akan datang
E. kemampuan untuk menyalurkan ide dan informasi kepada orang lainserta menerima ide dan informasi dari orang lain dengan baik
5. Manager adalah pihak yang mencapai hasil melalui orang lain. PernyataantersebutTerkait dengan sarana managemen yang berupa ….
A. uang
B. metode
C. manusia
D. pasar
E. bahan
6. Pak Hartawan adalah seorang manager yang membawahi beberapa kepalaseksi.Ia bertanggungjawab mengimplementasikan strategi dan kebijakanmanager tingkatatas.Pak Hartawan berada pada posisi ….
A. Managemen puncak
B. Managemen lini
C. Managemen menengah
D. Managemen pertama
E. Managemen eksekutif
7. Di bawah ini adalah prinsip-prinsip managemen :
1) Kepentingan umum di atas kepentingan individu.
2) Kekuasaan / wewenang dan tanggung jawab.
3) Kesatuan arah dan perintah.
4) Pengembangan metode kerja terbaik.
5) Pemilihan dan pengembangan pekerja.
Yang termasuk prinsip-prinsip managemen menurut Henry Fayol adalah nomor....
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 4 dan 5
C. 2, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
8. Kegiatan-kegiatan manajemen perencanaan dan manajemen pengorganisasian
1) menentukan tujuan
2) mendelegasikan wewenang
3) mengelompokan pekerjaan
4) merumuskan kebijakan dan prosedur
5) mengidentifikasikan perubahan
Yang termasuk kegiatan fungsi manajemen perencanaan adalah ….
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 1, 4, dan 5
D. 2, 3, dan 4
E. 3, 4, dan 5
9. Langkah-langkah yang dilakukan :
1) menetapkan standar dan metode untuk mengukur prestasi
2) mengukur prestasi kerja
3) menilai hasil dengan standar
4) mengambil langkah korektif
Langkah-langkah di atas termasuk fungsi manajemen ….
A. perencanaan
B. pengorganisasian
C. pengarahan
D. pemantapan
E. pengawasan
10. Kegiatan / langkah pada fungsi pengorganisasian dan penggerakan / pengarahan:
1) pembagian tugas
2) memberi petunjuk
3) mendelegasikan wewenang
4) memberi motivasi
5) langkah-langkah koordinasi
Kegiatan yang termasuk fungsi pengorganisasian ….
A. 1, 2, dan 4
B. 1, 3, dan 5
C. 1, 4, dan 5
D. 2, 3, dan 4
E. 3, 4, dan 5
11. Memberi bimbingan, memberi saran, meminta pendapat dan memperlihatkanketeladanan adalah fungsi manajemen ….
A. planning
B. organizing
C. motivating
D. coordinating
E. controling
12. Agar dapat menggerakkan orang lain dengan baik, menurut Henry Fayolseorang Manajer harus mempunyai keterampilan bekerja sama, memahami, danmemotivasi orang lain yang disebut keterampilan ….
A. teknis
B. konseptual
C. teknikal
D. manusiawi
E. fungsional
13. Implikasi dari pelaksanaan fungsi manajemen ini adalah memudahkanpelaksanaan, pengendalian, dan koordinasi tugas karena masing-masing anggotaorganisasi sudah memiliki pekerjaannya. Fungsi manajemen yang dimaksudadalah ….
A. planning
B. organizing
C. actuating
D. controlling
E. reporting
14. Kegiatan managemen antara lain menyusun personalia dalam suatu organisasiserta merekrut tenaga kerja dan berupaya untuk memberikan daya guna yangmaksimal.Kegiatan ini merupakan fungsi managemen ….
A. actuating
B. staffing
C. coordinating
D. commanding
E. controlling
15. Data-data yang sudah dicatat, disusun dan dikelompokkan menurut bagian,fungsi dan urutan kejadian. Hal ini termasuk kegiatan ….
A. pencatatan data
B. pengolahan data
C. pelaporan data
D. penyimpanan data
E. pengesahan data
16. Dewasa ini perkembangan teknologi sangat cepat bagi seorang manager untukmemasarkan produk agar dapat menerobos pasaran perlu melakukan strategidengan marketing mix yaitu dengan memadukan ….
A. personal, price, product, promotion
B. personal, product, promotion, place
C. personal, product, price, promotion
D. product, price, place, promotion
E. personal, price, place, promotion
17. Yang termasuk fungsi managemen keuangan dan personalia adalah :
1) perencanaan keuangan.
2) penentuan insentif karyawan.
3) menyusun laporan keuangan.
4) Struktur penggajian
5) Menganalisis laporan keuangan
Tugas utama manager keuangan adalah ….
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
18. Berbagai aktifitas managemen :
1) penarikan pewagai.
2) pengelolaan dana dana ktivaproduksi.
3) mutasi dan promosi
4) perencanaan kualitas output.
5) pendidikan dan pelatihan pekerja.
Yang merupakan aktifitas managemen personalia adalah ….
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
19. Kegiatan bidang-bidang dalam managemen sebagaiberikut :
1) Riset pasar.
2) Segmentasi.
3) Lokasi dan tata letak.
4) Targeting dan positioning.
5) Promosi dan mutasi.
Yang termasuk kegiatan bidang pemasarana dalah ….
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 2 dan 5
D. 2, 3 dan 4
E. 2, 3 dan 5
20. Manager suatu perusahaan melakukan kegiatan-kegiatan berikut :
1) Menganalisis pasar.
2) Menjaga ketersediaan bahan baku.
3) Mengendalikan mutu keluaran.
4) Segmentasi, targeting dan positioning.
5) Melakukan layanan purna jual.
6) Mendesain proses.
Kegiatan yang berhubungan dengan managemen produksi adalah ....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 4
C. 2, 3, dan 6
D. 3, 4, dan 5
E. 4, 5, dan 6
B. Uraian
1. Jelaskan pengertian
manajemen ditinjau dari sudut ilmu pengetahuan!
2. Tuliskan dan jelaskan
empat fungsi utama manajemen!
3. Jelaskan manfaat dari
pengorganisasian!
4. Tuliskan
prinsip-prinsip yang baik yang digunakan dalam pengawasan (controlling)!
5. Tuliskan yang
termasuk bidang-bidang manajemen!
Jawabannya mn
BalasHapus