RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 3 SijunjungMata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester :X / II (GENAP)
Materi Pokok : Badan Usaha
Alokasi Waktu :9 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghayati dan pengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.8Mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia |
3.8.1. Menjelaskan Pengertian BUMN, BUMD, dan BUMS 3.8.2. menjelaskan Peran BUMN dan BUMD dalam 3.8.3. Menganalisis Bentuk-bentuk BUMN, BUMD dan BUMS 3.8.4. Menganalisis Jenis-jenis Kegiatan Usaha BUMD dan BUMS 3.8.5. Menjelaskan Kebaikan dan kelemahan BUMN, BUMD dan BUMS 3.8.6. Menjelaskan Perbedaan perusahaan swasta dan BUMN 3.8.7. Memahami Peran BUMS dalam perekonomian 3.8.8. Menjelaskan Tahapan mendirikan usaha dalam BUMS |
4.8Menyajikan peran, fungsi, dan kegiatan badan usaha dalam perekonomian Indonesia |
4.8.1. Siswa dapat mempresentasikan peran dan fungsi badan usaha 4.8.2. Siswa dapat mempresentasikan kegiatan-kegiatan badan usaha dalam perekonomian Indonesia |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaranProblem Based Learning dan Project Based Learning peserta didik mampu untuk
1. Menjelaskan Pengertian BUMN, BUMD, dan BUMS
2. Menjelaskan Peran BUMN dan BUMD dalam
3. Menganalisis Bentuk-bentuk BUMN, BUMD dan BUMS
4. Menganalisis Jenis-jenis Kegiatan Usaha BUMD dan BUMS
5. Menjelaskan Kebaikan dan kelemahan BUMN, BUMD dan BUMS
6. Menjelaskan Perbedaan perusahaan swasta dan BUMN
7. Memahami Peran BUMS dalam perekonomian
8. Menjelaskan Tahapan mendirikan usaha dalam BUMS
D. Materi Pembelajaran
Materi Fakta :
1. Peranan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan Badan Usaha Milik Swasta menunjang Perekonomian Indonesia
2. Beraneka ragam Bentuk Badan Usaha di Indonesia
Materi Konsep :
1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
a. Pengertian BUMN dan BUMD
b. Peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian
c. Bentuk-bentuk BUMN dan BUMD
d. Jenis-jenis Kegiatan Usaha BUMD
e. Kebaikan dan kelemahan BUMN dan BUMD
2. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)
a. Pengertian BUMS
b. Perbedaan perusahaan swasta dan BUMS
c. Peran BUMS dalam perekonomian
d. Bentuk-bentuk BUMS
e. Kekuatan dan kelemahan BUMS
f. Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS
g. Tahapan mendirikan usaha dalam BUMS
h. Studi Kelayakan Usaha (business plans)
Materi Prinsip :
1. Memahami peranan BUMN dalam Perekonomian
2. Memahami peranan BUMD dalam Perekonomian
3. Memahami peranan BUMS dalam Perekonomian
4. Memahami Bentuk dan Jenis Usaha Badan Usaha
5. Memahami Kekuatan dan Kelemahan Badan Usaha
6. Memahami Studi Kelayakan Usaha(business plans)
Materi Prosedur :
1. Langkah kerja ilmiah
2. Penyajian informasi
3. Mengkaji peranan Badan Usaha dalam Perekonomian
Materi Metakognitif :
1. Menganalisis dan memberikan masukan mengenai peranan Badan Usaha dalam
2. Perekonomian dalam bentuk media ( lisan dan tulisan )
3. Menganalisis Studi Kelayakan Usaha(business plans)
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model : Problem Based Learning dan Project Based Learning
3. Metode : Diskusi, tanya jawab dan penugasan
1. Media/ Alat dan Bahan Pembelajaran
1) Alat
LCD, Laptop, Spidol, Papan Tulis
2) Bahan
Tidak Ada
3) Media
a) LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
b) LKK (Lembar Kerja Kelompok)
c) Power Point
d) Peta Konsep
F. Sumber Belajar
1. Buku –buku Prathama Rahardja, Wiji Purwanta. Eksplorasi Nalar Peserta Didik
2. Ekonomi SMA/MA kelas XI, Bandung. YramaWidya, 2015
3. S,Alam .Ekonomi SMA /MA kelas XI .Jakarta .ESIS, 2013
4. Buku paket ekonomi kemendikbud
5. Kinanti Geminastiti. Ekonomi SMA/MA Kelas XIIlmu-IlmuPeminatan. Bandung Yrama Widya, 2014
6. Buku ekonomi penunjang yang relevan dan ber- ISBN
7. Penunjang dari perpustakaan
8. Media elektornik/cetak
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Minggu I
Kegiatan
|
No
|
Deskripsi
|
Nilai-nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1
|
Guru mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu kemudian mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, mengecek kehadiran peserta didik (kedisiplinan), kerapian dan kebersihan ruang kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
|
|
15 Menit |
2
|
Apersepsi, guru menghubungkan materi yang lalu dengan materi saat ini
|
|||
3
|
Dalam pertemuan ini guru menugaskan siswa membaca buku yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
|
|
||
4
|
Guru memberikan motivasi dengan menampilkan hal-hal yang berkaitan dengan v Pengertian BUMN dan BUMD
|
|
||
5
|
Guru mengemukakan Indikator pencapaian yang harus
dikuasai peserta didik setelah mengikuti pembelajaran
|
|
||
6
|
Menghubungkan materi dan manfaatnya dalam kehidupansehari-hari
|
|
||
7
|
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
|
||
Inti
|
1
|
Mengamati :
Pada tahap ini peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian mengamati LKPD topik tentang :
|
Critical Thingking
|
100 Menit
|
2
|
Guru membangkitkan keaktifan belajar peserta didik dengan memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan konsep
|
Critical and Communication Thingking
|
||
3
|
Menanya : Peserta didik diminta bertanya mengenai tentang
|
|
||
4
|
Guru meminta peserta didik untuk saling bertanya mengenai :
|
Critical Thinking
|
||
5
|
Guru meminta peserta didik untuk saling bertanya mengenai
|
Creativity and collaboration thingking
|
||
6
|
Mengeksplorasi : Guru meminta peserta didik untuk berkelompok Kelompok I Pengertian BUMN dan BUMD Kelompok II Peran BUMN dan BUMD dalam perekonomian Kelompok III Bentuk-bentuk BUMN dan BUMD Kelompok IV Bentuk-bentuk BUMN dan BUMD Kelompok V Bentuk-bentuk BUMN dan BUMD
Setiap kelompok harus membuat laporan sesuai dengan masalah yang dikaji.
Hasil kajian itu sebaiknya didukung dengan data/ grafik/gambar yang relevan.
|
Creativity thingking, communication, and critical thingking
|
||
7
|
Mengasosiasikan :
|
|
||
8
|
Guru menginstruksikan peserta didik untuk mengolah informasi dengan diskusi tentang:
|
|
||
9
|
Mengkomunikasikan :
Setelah peserta didik dikelompokkan kembali sesuai dengan kelompok sebelumnya, guru meminta kelompok untuk presentasi dengan cara mengambil No Lot kelompok
|
|
||
Penutup
|
1
|
Guru bersama peserta didik merangkum pembelajaran |
|
20 Menit
|
2
|
Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan secara lisan
|
(Jujur, saling menghargai) |
||
3
|
Mengerjakan tugas kelompok untuk bahan presentasi |
|
||
4
|
Penilaian sikap
|
|
||
5
|
Merencanakan kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
|
|
Pertemuan Kedua
Kegiatan
|
No
|
Deskripsi
|
Nilai-nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1
|
Guru mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu kemudian mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, mengecek kehadiran peserta didik (kedisiplinan), kerapian dan kebersihan ruang kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan.
|
|
15 Menit
|
2
|
Apersepsi, guru menghubungkan materi yang lalu dengan materi saat ini
|
|||
3
|
Dalam pertemuan ini guru menugaskan siswa membaca buku yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
|
ü Rasa ingin tau ü Gemar membaca |
||
4
|
Guru memberikan motivasi dengan menampilkan hal-hal yang berkaitan dengan
|
ü Peduli lingkungan |
||
5
|
Guru mengemukakan Indikator pencapaian yang harus
dikuasai peserta didik setelah mengikuti pembelajaran |
ü Rasa ingin tau |
||
6
|
Menghubungkan materi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
ü Rasa ingin tau |
||
7
|
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
|
ü Rasa ingin tau |
||
Inti
|
1
|
Mengamati :
Pada tahap ini peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian mengamati LKPD topik tentang :
|
Critical Thingking ü Rasa ingin tau ü Gemar membaca |
100 Menit |
2 |
Guru membangkitkan keaktifan belajar peserta didik dengan memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan konsep
|
Critical and CommunicationThingking ü Komunikatif ü Cinta damai ü Mandiri |
||
3
|
Menanya : Peserta didik diminta bertanya mengenai tentang
|
ü Rasa ingin tau ü Komunikatif ü Cinta damai ü Mandiri |
||
4
|
Guru meminta peserta didik untuk saling bertanya mengenai :
|
Critical Thinking ü Rasa ingin tau ü Cinta damai ü Peduli sosial |
||
5 |
Guru meminta peserta didik untuk saling bertanya mengenai
|
Creativity and collaboration thingking ü Komunikatif ü Rasa ingin tau ü Gemar membaca ü Kerja keras |
||
6
|
Mengeksplorasi : Guru meminta peserta didik untuk berkelompok Kelompok I Jenis-jenis Kegiatan Usaha BUMD Kelompok 2 Kebaikan dan kelemahan BUMN dan BUMD Kelompok 3 Pengertian BUMS Kelompok 4 Perbedaan perusahaan swasta dan BUMS Kelompok 5 Peran BUMS dalam perekonomian
Setiap kelompok harus membuat laporan sesuai dengan masalah yang dikaji.
Hasil kajian itu sebaiknya didukung dengan data/ grafik/gambar yang relevan.
|
Creativity thingking, communication, and critical thingking ü Demokratis ü Komunikatif ü Peduli sosial |
||
7
|
Mengasosiasikan :
|
ü Demokratis ü Komunikatif ü Peduli sosial |
||
8
|
Guru menginstruksikan peserta didik untuk mengolah informasi dengan diskusi tentang:
|
ü Demokratis ü Komunikatif ü Peduli sosial |
||
9
|
Mengkomunikasikan :
Setelah peserta didik dikelompokkan kembali sesuai dengan kelompok sebelumnya, guru meminta kelompok untuk presentasi dengan cara mengambil No Lot kelompok
|
ü Demokratis ü Komunikatif ü Peduli sosial |
||
Penutup
|
1
|
Guru bersama peserta didik merangkum pembelajaran | ü Demokratis ü Komunikatif ü Peduli sosial |
20 Menit |
2
|
Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan secara lisan
|
( Jujur, saling menghargai.) |
||
3
|
Mengerjakan tugas kelompok untuk bahan presentasi | ü Mandiri ü Rasa ingin tau |
||
4
|
Penilaian sikap
|
ü Jujur |
||
5
|
Merencanakan kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
|
ü Mandiri |
Pertemuan ke Tiga
Kegiatan
|
No
|
Deskripsi
|
Nilai-nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan |
1 |
Guru mengajak peserta didik untuk berdoa terlebih dahulu kemudian mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk proses belajar mengajar, mengecek kehadiran peserta didik (kedisiplinan), kerapian dan kebersihan ruang kelas, menyiapkan media dan alat serta buku yang diperlukan. |
ü Relijius ü Bersahabat ü Peduli lingkungan |
15 Menit |
2 |
Apersepsi, guru menghubungkan materi yang allu dengan materi saat ini |
ü |
||
3 |
Dalam pertemuan ini guru menugaskan siswa membaca buku yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari. |
ü Rasa ingin tau ü Gemar membaca |
||
4 |
Guru memberikan motivasi dengan menampilkan hal-hal yang berkaitan dengan v Bentuk-bentuk BUMS v Kekuatan dan kelemahan BUMS v Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS |
ü Peduli lingkungan |
||
5 |
Guru mengemukakan Indikator pencapaian yang harus dikuasai peserta didik setelah mengikuti pembelajaran |
ü Rasa ingin tau |
||
6 |
Menghubungkan materi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari |
ü Rasa ingin tau |
||
7 |
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan |
ü Rasa ingin tau |
||
Inti |
1 |
Mengamati : Pada tahap ini peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian mengamati LKPD topik tentang : v Bentuk-bentuk BUMS v Kekuatan dan kelemahan BUMS v Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS |
Critical Thingking ü Rasa ingin tau ü Gemar membaca |
100 Menit |
2 |
Guru membangkitkan keaktifan belajar peserta didik dengan memberikan beberapa pertanyaan terkait dengan konsep v Bentuk-bentuk BUMS v Kekuatan dan kelemahan BUMS v Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS |
Critical and CommunicationThingking ü Komunikatif ü Cinta damai ü Mandiri |
||
3 |
Menanya : Peserta didik diminta bertanya mengenai tentang v Bentuk-bentuk BUMS v Kekuatan dan kelemahan BUMS v Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS |
ü Rasa ingin tau ü Komunikatif ü Cinta damai ü Mandiri |
||
4 |
Guru meminta peserta didik untuk saling bertanya mengenai : v Bentuk-bentuk BUMS v Kekuatan dan kelemahan BUMS v Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS |
Critical Thinking ü Rasa ingin tau ü Cinta damai ü Peduli sosial |
||
5 |
Guru meminta peserta didik untuk saling bertanya mengenai v Bentuk-bentuk BUMS v Kekuatan dan kelemahan BUMS v Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS |
Creativity and collaboration thingking ü Komunikatif ü Rasa ingin tau ü Gemar membaca ü Kerja keras |
||
6 |
Mengeksplorasi : Guru meminta peserta didik untuk berkelompok v Kelompok I Bentuk-bentuk BUMS v Kelompok II Bentuk-bentuk BUMS v Kelompok III Bentuk-bentuk BUMS v Kelompok IV Kekuatan dan kelemahan BUMS v Kelompok IV Jenis-jenis kegiatan usaha BUMN Setiap kelompok harus membuat laporan sesuai dengan masalah yang dikaji. Hasil kajian itu sebaiknya didukungdengan data/grafik/gambar yang relevan. |
Creativity thingking, communication, and critical thingking ü Demokratis ü Komunikatif ü Peduli sosial |
||
7 |
Mengasosiasikan : v Peserta didik yang mendapatkan sub bab yang sama bergabung dalam kelompok ahli dan berdiskusi menganalisis dan menyimpulkan materi yang didapat. v Peserta didik kembali ke kelompok asal dan bertugas mengajar anggota kelompok lainnya |
ü Demokratis ü Komunikatif ü Peduli sosial |
||
8 |
Guru menginstruksikan peserta didik untuk mengolah informasi dengan diskusi tentang: v Bentuk-bentuk BUMS v Kekuatan dan kelemahan BUMS v Jenis-jenis kegiatan usaha BUMS |
ü Demokratis ü Komunikatif ü Peduli sosial |
||
9 |
Mengkomunikasikan : Setelah peserta didik dikelompokkan kembali sesuai dengan kelompok sebelumnya, guru meminta kelompok untuk presentasi dengan cara mengambil No Lot kelompok |
ü Demokratis ü Komunikatif ü Peduli sosial |
||
Penutup |
1 |
Guru bersama peserta didik merangkum pembelajaran |
ü Demokratis ü Komunikatif ü Peduli sosial |
20 Menit |
2 |
Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan secara lisan |
( Jujur, saling menghargai.) |
||
3 |
Mengerjakan tugas kelompok untuk bahan presentasi |
ü Mandiri ü Rasa ingin tau |
||
4 |
Penilaian sikap · Lembar pengamatan (afektif) · Lembar pengamatan (psiko motorik) |
ü Jujur |
||
5 |
Merencanakan kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya. |
ü Mandiri |
H.
Penilaian
1. Teknik Penilaian:
A. Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan
B. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
C. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian :
A. Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
B. Tes tertulis : Pilihan ganda, Essay
C. Unjuk kerja : lembar penilaian
3. Instrumen penilaian : terlampir Instrumen penilaian sikap,
pengetahuan, dan keterampilan terlampir.
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik Penilaian |
Waktu Penilaian |
1 |
Sikap 1. Terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. 2. Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. 3. Peduli dalam kegiatan pembelajaran. 4. Disiplin selama proses pembelajaran. 5. Jujur dalam menjawab permasalahan yang diberikan. 6. Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. |
Observasi |
Selama pembelajaran dan saat diskusi |
2 |
Pengetahuan Menyelesaikan soal yang relevan. |
Penugasan |
Penyelesaian pribadi |
3 |
Keterampilan Terampil menerapkan konsep /prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan. |
Analitika |
Penyelesaian kelompok |
Tanjung Gadang, Januari 2019
Diperiksa Oleh
Wakil Bidang Kurikulum Guru Mata Pelajaran
Wiwik Drawati, S.Pd Aidil Putra,SPd
NIP. 197604262006042014 NIP : …………………………
Mengetahui
Kepala SMAN 3 Sijunjung
Zulkifli, S.Pd
NIP : 19651008 199203 1 005
LKPD 3
KONSEP BADAN USAHA DALAM PEREKONOMIAN INDONESIA
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK) |
3.8Mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia |
3.8.9. Siswa dapat menjelaskan konsep badan usaha 3.8.10. Siswa dapat membedakan badan usaha dengan perusahaan 3.8.11. Siswa dapat mengidentifikasi jnis badan usaha 3.8.12. Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis badan usaha 3.8.13. Siswa dapat menganalisis kebaikan dan kelemahan badan usaha 3.8.14. Siswa dapat mendeskripsikan peranan badan usaha dalam perekonomian |
4.8Menyajikan peran, fungsi, dan kegiatan badan usaha dalam perekonomian Indonesia |
4.8.3. Siswa dapat mempresentasikan peran dan fungsi badan usaha 4.8.4. Siswa dapat mempresentasikan kegiatan-kegiatan badan usaha dalam perekonomian Indonesia |
Pengertian BUMN, BUMS da Koperasi
Sebelum menjelaskan tentang definisi BUMN, BUMS dan koperasi terlebih
dahulu dijelaskan tentang pengertian badan usaha dan perusahaan.
· Badan usaha adalah, suatu rumah tangga ekonomi yang bertujuan mencari
laba yang dengan modal dan tenaga kerja guna mengusahakan pemenuhan
kebutuhan hidup.
· Perusahaan adalah, suatu kesatuan dari faktor-faktor produksi yang
bertujuan menghasilkan barang. Dengan kata lain, perusahaan
menyelenggarakan kegiatan produksi dalam rangka menghasilkan barang
atau jasa.
UU No.8 TAHUN 1997, PASAL 1 (1)
tetap dan terus-menerus dengan memperoleh keuntungan dan atau laba
bersih, baik yang diselenggarakan oleh orang perorangan maupun badan
usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, yang didirikan
dan berkedudukan dalam wilayah negara RI.
1. BUMN
Badan Usaha Milik Negara atau BUMN merupakan suatu unit usaha yang
sebagian besar atau seluruh modal berasal dari kekayaan negara yang
dipisahkan serta membuat suatu produk atau jasa yang sebesar-besarnya
untuk kemakmuran rakyat.BUMN juga sebagai salah satu sumber penerimaan
keuangan negara yang nilainya cukup besar.Status pegawai badan
usaha-badan usaha tersebut adalah pegawai negeri.
BUMN bertujuan turut membangun ekonomi nasional sesuai dengan
kepentingan rakyat Indonesia, yang mengutamakan kebutuhan rakyat dan
ketenteraman, serta kesenangan kerja dalam perusahaan menuju masyarakat
adil dan makmur, baik material maupun spiritual.
2. BUMS
Badan Usaha Milik Swasta merupakan badan usaha yang didirikan pihak
swasta dengan modal sepenuhnya milik swasta, baik perseorangan maupun
kerja sama beberapa orang. Tujuannya yaitu memperoleh keuntungan
sebesar-besarnya.Contohnya PT. Indofood dan PT. Unilever.
3. Koperasi
Menurut Pasal 1 UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, koperasi
adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum
koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi
sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.
B.
Peran BUMN, BUMS dan Koperasi dalam perekonomian
1. BUMN, didirikan untuk melayani kepentingan umum sehingga segala
kegiatannya selain memberikan keuntungan atau sumber pemasukan bagi
Negara, dimaksudkan untuk memberikan manfaat bagi kesejahteraan
masyarakat.
Adapun peran BUMN terhadap peningkatan kemakmuran rakyat, antara lain:
a. Sebagai salah satu pelaku kegiatan ekonomi dalam perekonomian
nasional untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara optimal
b. Sebagai mitra kerja dalam kegiatan usaha dengan badan usaha swasta
dan koperasi
c. Mencegah agar tidak terjadi penguasaan cabang-cabang produksi yang
penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai
oleh swasta
d. Sebagai sumber penghasilan mengisi kekurangan kas negara untuk
dipergunakan oleh negara dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.
e. Sebagai sarana untuk membuka kesempatan kerja dan mengurangi
pengangguran yang akhirnya dapat meningkatkan pendapatan per kapita.
f. Menyisihkan laba bersih untuk keperluan pembinaan usaha kecil,
koperasi , dan masyarakat di sekitar BUMN
2. BUMS, salah satu pelaku ekonomi di Indonesia, selain BUMN dan
koperasi yang melakukan kegiatan untuk kepentingan masyarakat dan
menguntungkan bagi badan usaha melalui pelayanannya dalam menyediakan
berbagai kebutuhan masyarakat maupun Negara.
3. Koperasi, Fungsi dan peranan koperasi adalah
a. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota
pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan
kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
b. Berperan secara efektif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan
masyarakat.
c. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan
ekonomi.
Sumber :
http://ekonomi.andaikata.com/2013/01/bumn-bums-dan-koperasi.html
Pertemuan ke- 2
Ø Bentuk-Bentuk BUMN
1)
Perusahaan Perseroan (Persero)
Perusahaan perseroan atau Persero adalah BUMN yang berbentuk perseroan
terbatas yang modalnya terbagi dalam saham yang seluruh atau paling
sedikit 51% sahamnya dimiliki negara Republik Indonesia, yang tujuan
utamanya mengejar keuntungan. Tujuan perusahaan perseroan adalah
menyediakan barang dan jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat
serta mengejar keuntungan guna meningkatkan nilai perusahaan.
- Ciri-ciri Persero antara lain:
1) Berusaha memperoleh keuntungan
2) Status hukumnya sebagai hukum perdata berbentuk PT
3) Karena berbentuk PT, modalnya terdiri atas saham-saham yang
seluruhnya atau sebagiannya dipegang oleh pemerintah yang berasal dari
kekayaan negara yang dipisahkan
4) Dipimpin oleh dewan direksi
5) Karyawannya berstatus sebagai pegawai badan usaha swasta biasa
Perusahaan yang termasuk dalam perusahaan Persero, antara lain
, PT Perusahaan Listrik Negara, PT Jasa Marga, PT Pertamina, PT
Telekomunikasi, PT Garuda Indonesia, PT Asuransi Jiwasraya, PT Bank
Republik Sriwijaya, PT Dirgantara Indonesia, PT Perusahaan Gas
Negara Tbk, PT Indofarma Tbk, PT Krakatau Steel, dan PT Industri
Kapal Indonesia.
2)
Perusahaan Umum (Perum)
Perusahaan umum (Perum) adalah perusahaan negara yang seluruh modalnya
dimiliki negara dan tidak terbagi atas saham yang bertujuan untuk
kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan atau jasa yang bermutu
tinggi sekaligus mengejar keuntungan berdasarkan prinsip pengelolaan
perusahaan.
- Ciri-ciri Perum antara lain:
1. Sifat usahanya adalah melayani kepentingan masyarakat umum dan untuk
memupuk keuntungan
2. Berstatus badan hukum
3. Modal seluruhnya dimiliki oleh negara dari kekayaan negara yang
dipisahkan serta dapat memperoleh dana pinjaman dari dalam dan luar
negeri atau dari obligasi (masyarakat).
4. Dapat dituntut dan menuntut, dan hubungan hukumnya diatur secara
hukum perdata
5. Dipimpin oleh dewan direksi
6. Secara finansial harus dapat berdiri sendiri kecuali bila karena
kebijakan pemerintah mengenai tarif dan harga tidak memungkinkan
tercapainya tujuan ini
7. Karyawannya adalah pegawai badan usaha negara yang diatur sendiri di
luar ketentuan yang berlaku bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau
pegawai BUMN
8. Laporan tahunan badan usaha yang memuat laporan laba/rugi dan neraca
perusahaan disampaikan kepada pemerintah
Contohnya adalah
Perum Pegadaian, Perum Sarana Pengembangan Usaha, Perum
Pengembangan Perusahaan Nasional, Perum Jasa Tirta, Perum Produksi
Film Negara, Perum Damri, Perum PPD, Perum Bulog, dan Perum
Prasarana Perikanan Samudra.
3)
Badan Usaha Milik Daerah
BUMD atau perusahaan daerah adalah badan usaha yang dikelola dan
didirikan oleh pemerintah daerah. Modal seluruhnya atau sebagian
berasal dari kekayaan pemerintah daerah yang dipisahkan.
- Ciri-ciri BUMD antara lain:
1. Didirikan dan diatur berdasarkan peraturan daerah (Perda)
2. Modal berasal dari kekayaan daerah yang dipisahkan
3. Usahanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
4. Direksi diangkat dan diberhentikan oleh pemerintah daerah atas
pertimbangan DPRD
Bentuk-Bentuk BUMS
1)
Perusahaan Perseorangan
Perusahaan perseorangan, merupakan badan usaha yang dimiliki oleh
persesorangan untuk menghasilkan barang dan jasa sehinnga memperoleh
keuntungan.
- Ciri-ciri badan usaha perseorangan antara lain:
1. Ukuran berasal dari satu orang sebagai pemilik modal
2. Ukuran usaha tidak terlalu besar
3. Pengelolaan dan pengendalian bergantung pada pemilik sebagai
pemimpin
4. Semua keuntungan dan kerugian ditanggung sendiri
Contoh :
Warnet FAIZNET adalah perusahaan perseorangan yang bergerak di bidang
usaha jasa warung internet (warnet)
Purikarya Property adalah prusahaan yang bergerak di bidang usaha
jual-beli barang property.
2)
Firma
Firma merupakan suatu persekutuan antara dua orang atau lebih yang
menjalankan badan usaha dengan satu nama dengan tujuan untuk membagi
hasil yang diperoleh dari persekutuan itu.
- Ciri-ciri firma antara lain:
1. Anggota firma biasanya sudah saling mengenal dan mempercayai
2. Memakai nama bersama dalam kegiatan usaha
3. Tanggung jawab dan resiko yang tidak terbatas
4. Setiap anggota mempunyai kewenangan menjalankan usaha ataupun
mengadakan perjanjian dengan pihak lain tanpa harus ada persetujuan
dari anggota firma yang lainnya.
Contoh :
Bidang usaha yang dijalankan CV. Putra Pratama Mataram adalah
Perencanaan Pengawasan dan Pelaksanaan Electrical, Mechanical &
Cvil Engineering Contractor Supplier & BTS Maintenance.
3)
Persekutuan Komanditer (CV)
Persekutuan komanditer adalah suatu persekutuan yang terdiri dari
beberapa orang yang mempercayakan uang atau barang kepada beberapa
orang.Atau badan usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk
mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda
di antara anggotannya.
- Ciri CV antara lain:
1. Ada sekutu aktif yang disebut pesero kuasa / pesero pengurus, adalah
mereka yang menjalankan bada usaha dan bertanggung jawab penuh atas
segala utang piutang badan usaha.
2. Ada sekutu pasif yang disebut pesero diam, adalah mereka yang hanya
menyertakan modal saja, sehingga tanggung jawab hanya terbatas pada
modal yang disertakan.
Contoh:


CV. Gajah Mada Raya Indonesia yang bergerak dalam bidang pemasok
perdagangan, mekanik dan distribusi listrik. Dan surat tanda daftar
perusahaan persekutuan komanditer (CV).
4)
Perseroan Terbatas
Perseroan tebatas ( PT ) merupakan suatu persekutuan untuk menjalankan
perusahaan yang memiliki modal dan terbagi atas beberapa saham di mana
tiap sekutu turut mengambil bagian sebanyak satu atau lebih saham.
Contoh:


Bentuk-Bentuk Koperasi
Penggolongan/Jenis Koperasi:
1. Koperasi menurut sifat usahanya
a. Koperasi konsumsi
b. Koperasi produksi
c. Koperasi kredit/simpan pinjam
d. Koperasi jasa
e. Koperasi serba usaha
2. Koperasi menurut komoditas yang ditangani
Contoh: batik, koperasi cengkih, koperasi tempe, dsb.
3. Koperasi menurut lapangan usahanya
Contoh: koperasi pertanian, koperasi perumahan, dsb
4. Koperasi menurut wilayah kerjanya
Contoh: koperasi unit desa, koperasi pasar, koperasi sekolah, dsb
5. Koperasi menurut fungsionalnya
Contoh: koperasi wanita, koperasi pegawai negeri, dsb
6. Koperasi menurut tingkatannya
a. Koperasi primer
Yaitu koperasi yang didirikan dan beranggotakan orang seorang yang
jumlahnya paling sedikit 20 orang.
b. Koperasi sekolah
Yaitu koperasi yang didirikan dan beranggotakan koperasi, dimana
anggotanya terdiri atas koperasi yang telah berbadan hukum.
Ø Kebaikan dan Kelemahan
1.
Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Kebaikan
|
Kelemahan
|
a. Mengusai sektor yang vital bagi kehidupan rakyat banyak |
a. Pengelolaan faktor produksi tidak efisien |
b. Mendapat jaminan dan dukungan dari Negara |
b. Manajemen perusahaan kuirang professional |
c. Permodalnnya sudah pasti karena dapat modal dari ngara. |
c. Menimbulkan monopoli atas sektor-sektor vital. |
d. Kelangsungan hidup perusahaan terjamin |
d. Pengelolaan perusahaan terhambat dengan peraturan-peraturan yang mengikat |
e. Kelangsungan hidup perusahaan terjamin. |
e. Sulit memperoleh keuntungan bahkan seringkali merugi. |
Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)
Kebaikan
|
Kelemahan
|
a. Perusahaan dijalankan secra efesien |
a.Menimbulkan praktikmonopoli |
b. Barang dan jasa yang dihasilkan mempunyai kualitas tinggi |
b. Memperbesar jurang kesenjangan ekonomi |
c. Kaya akan inovasi baru |
c. Mengeksploitasi SDM dan SDA |
d. Proses produksi sudah menggunakan teknologgi modern |
d.Mengesampinmgkan kepentingan masyarakat umum |
e. Menciptakan system kerja yang professional dan efesien |
e. Menguasai pasar sehingga perusahaan bebas menentukan harga |
f. Mendorong produktifitas tenaga kerja menjadi tinggi |
f. Menciptakan persaingan yang tidak sehat |
g. Mudah memperoleh tambahan modal |
Koperasi
Kebaikan
|
Kelemahan
|
a. Dalam koperasi tidak ada pertentangan kepentingan antara majikan dan buruh |
a. Terbatasnya modal karena hanya berasal dari simpana yang dikumpulkan anggotanya |
b. Semua anggota bekerja bersama-sama dan bersama-sama pula bertanggung jawab atas kelangsungan usaha koperasi |
b. Terbatasnya sarana dan prasarana karena modal dan usaha koperasi umumnya relatif kecil, sehingga menghambat perkembangan usaha koperasi. |
c. Dalam koperasi yang utama adalah menyelenggarakan keperluan hidup bersama dengan sebaik-baiknya |
c. Sumber daya manusia belum memadai, yang tercermin dari kurang berkembangnya kewirausahaan, lemahnya inovasi dan kreativitas serta rendahnya disiplin, etos kerja dan profesionalisme. |
d. Koperasi menyusun tenaga yang lemah dan tersebar menjadi suatu organisasi yang kuat, karena sifat persekutuannya yang berdasar tolong-menolong serta tanggung jawab bersama. |
d.Tingkat kepedulian pembina dari instansi terkait relatif masih rendah sehingga mengganggu tumbuh kembangnya koperasi. |
e. Partisipasi anggota dalam kegiatan usaha koperasi masih rendah. |
Ø Perbedaan BUMN, BUMS dan Koperasi
NO
|
BUMN
|
BUMS
|
KOPERASI
|
1
|
Pemilik modal mayoritas adalah negara |
Pemilik modal mayoritas adalah individu atau kelompok individu |
Pemilik modal adalah seluruh angggota koperasi |
2
|
Tujuan usahanya untuk melayani kepentingan umum |
Tujuan usahanya untuk mencapai kemakmuran pemilik modal (mencari untung sebesar-besarnya). |
Tujuan usahanya adalah untuk meningkatkan kesejahterahan anggotanya. |
3
|
Bidang usahanya sektor-sektor yang vital dan strategis |
Bidang usahanya tidak menguasai hajat hidup orang banyak |
Bidang usahanya sesuai dengan kebutuhan anggota koperasi |
4
|
Kekuasaan tertinggi adalah pemerintah |
Kekuasaan tertinggi dipegang oleh pemegang saham dan atas nama pemerintah |
Kekuasaan Tertinggi dalam koperasi adalah RA (Rapat Anggota) |
5
|
Cara kerjanya terbuka untuk umum |
Cara kerjanya tertutup |
Cara kerjanya terbuka dan diketahui oleh semua anggota. |
6
|
Permodalan berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan dan bersifat tetap |
Permodalan berasal dari perseorangan atau dari para pemegang saham dan penjualan obligasi sifatnya tetap. |
Permodalan berasal dari simpanan anggota dan sipatnya berubah-ubah. |
7
|
Organisasinya dikelola oleh negara |
Organisasinya terbatas, maksudnya ditujukan kepada orang-orang yang memiliki modal |
Organisasinya mempunyai kepentingan yang sama antara para anggotanya. |
8
|
Hubungan usahanya adalah berusah mengadakan hubungan usaha, baik dengan kopersai maupun BUMS. |
Hubungan usahanyajarang terjadi karena BUMS ini lebih mengutamakan kemajuan dari perusahaannya, sehingga hal ini akan berujung pada persaingan. |
Hubungan usahanya adalah senantiasa mengadakan koordinasi kerjasama antara koperasi yang satu dengan yang lainnya. |
v PENILAIAN PENGETAHUAN
JENIS SEKOLAH : SMA NEGERI 3 SIJUNJUNG ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
MATA PELAJARAN : EKONOMI JUMLAH SOAL : 10 BUTIR
KURIKULUM : Kurikulum 2013 PENULIS : AIDIL PUTRA, S.Pd
KELAS/SEMESTER : X IPS / 1 BENTUK SOAL : ESSAY & Lisan
KOMPETENSI INTI :
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KISI-KISI PENULISAN SOAL UH
JENIS SEKOLAH : SMA NEGERI 3 SIJUNJUNG ALOKASI WAKTU : 90 MENIT
MATA PELAJARAN : EKONOMI JUMLAH SOAL : 10 BUTIR
KURIKULUM : Kurikulum 2013 PENULIS : AIDIL PUTRA, S.Pd
KELAS/SEMESTER : X IPS / 1 BENTUK SOAL : ESSAY & Lisan
KOMPETENSI INTI :
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
No
|
KD
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
INDIKATOR SOAL
|
No. SOAL
|
KET
|
||||
KUIS 1
|
KUIS 2
|
UH
|
||||||||
3.8 |
Mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia |
3.8.1 |
Siswa dapat menjelaskan konsep badan usaha |
1
|
||||||
3.8.2 |
Siswa dapat membedakan badan usaha dengan perusahaan |
1
|
||||||||
3.8.3 |
Siswa dapat mengidentifikasi jenis badan usaha |
1
|
Tulis
|
|||||||
3.8.4 |
Siswa dapat mengidentifikasi karakteristik berbagai jenis badan usaha |
2
|
||||||||
3.8.5 |
Siswa dapat menganalisis kebaikan dan kelemahan badan usaha |
Lisan
|
||||||||
3.8.6 |
Siswa dapat mendeskripsikan peranan badan usaha dalam perekonomian |
3
|
||||||||
SOAL KUIS 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
No |
Soal |
Bobot |
JAwaban |
Nilai |
1 |
20
|
|||
2 |
20
|
|||
3 |
20
|
|||
4 |
20
|
|||
5 |
20
|
|||
TOTAL |
100
|
SOAL KUIS 2
Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan tepat!
No |
Soal |
Bobot |
Jawaban |
Nilai |
1 |
20
|
|||
2 |
20
|
|||
3 |
20
|
|||
4 |
20
|
|||
5 |
20
|
|||
TOTAL |
100
|
v PENUGASAN TERSTRUKTUR
Petunjuk soal!
Kerjakanlah soal ini dengan tepat dan benar!
1. Suatu kesatuan yuridis ekonomi yang bertujuan menghasilkan laba disebut
….
a. perusahaan
b. badan usaha
c. perseroan terbatas
d. wirausaha
e. koperasi
2. Berikut ini yang bukan merupakan ciri dari badan usaha
milik perseorangan yaitu ….
a. dimiliki oleh perseorangan atau persekutuan badan-badan usaha
b. semua keuntungan dan kerugian menjadi tanggungan pemilik atau pemimpin
c. negara memiliki kewenangan dalam pengelolaan usahanya
d. pemilik dapat bertindak sebagai pengelola
e. keberhasilan atau kegagalan badan usaha sangat tergantung pada kecakapan
pemilik atau pemimpin
3. Berikut ini pernyataan yang terkait dengan badan usaha dan perusahaan:
1. Mudah mengumpulkan modal dengan cara mengeluarkan saham
2. Pemimpin mudah diganti jika dianggap kurang cakap
3. Kontinuitas usaha lebih terjamin
4. Pimpinan dapat dibagi menurut keahlian
5. Kebebasan pemilik dalam mengembangka usahanya
Dari poin-poin di atas, yang merupakan kebaikan dari Perseroan Terbatas
....
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 2, 3, 4
d. 3, 4, 5
e. 1, 2, 5
4. Di bawah ini yang bukan merupakan peran yang dapat
dilakukan oleh Badan Usaha Milik Swasta adalah ….
a. membantu membuka kesempatan kerja dan ikut menanggulangi masalah
pengangguran
b. sebagai mitra pemerintah dan atau koperasi dalam usaha mengolah dan
mengusahakan sumber daya alam
c. ikut mendorong pertumbuhan ekonomi dan ikut meningkatkan taraf hidup
serta kesejahteraan rakyat
d. sebagai pendorong peningkatan profesionalisme yang mengakibatkan
terjadinya efisiensi dan efektivitas badan usaha lainnya
e. membantu pemerintah untuk mengisi kas negara melalui pajak perusahaan
5. Berikut ini yang bukan ciri-ciri dari Perjan, adalah ….
a. sifat usaha public services
b. memperoleh segala fasilitas dari negara
c.sifat usahanya adalah melayani kepentingan masyarakat umum sekaligus
untukmemupuk keuntungan
d. karyawannya bersifat pegawai negeri
e. mempunyai hubungan hukum public
6. Adanya anggota pasif dan aktif hanya terdapat dalam usaha berbentuk ….
a. koperasi
b. pt
c. firma
d. cv
e. bumn
7. Perusahaan negara yang pegawainya berstatus sebagai pegawai negeri
adalah ….
a. perusahaan jawatan
b. perusahaan umum
c. perusahaan perseroan
d. pt. persero
e. perusahaan perseorangan
8. Kerja sama dua orang atau lebih untuk menjalankan perusahaan dengan satu
nama dan anggotanya bertanggung jawab secara tak terbatas disebut ….
A. koperasi
b. pt
c. firma
d. cv
e. bumn
9. BUMN mempunyai sifat usaha…
a. mengutamakan kesejahteraan anggotanya
b. melayani kepentingan masyarakat
c. mencari keuntungan sebesar-besarnya
d. memproduksi barang yang berkualitas tinggi
e. menopang APBN
10. Perusahaan negara yang tujuan utamanya melayani kepentingan umum, baik
dalam bidang produksi maupun distribusi adalah ….
a. perusahaan jawatan
b. perusahaan umum
c. perusahaan perseroan
d. pt persero
e. yayasan
11. Badan usaha dimana ada beberapa orang yang berusaha dan beberapa orang
yang hanya menyerahkan modal adalah.…
a. PT d. Perum
b. Perusahaan Perseorangan e. Firma
c. CV
12. Garuda Indonesia Airways merupakan contoh bentuk badan usaha milik…
a. a. Negara d. Campuran
b. b. Swasta e. Yayasan
c. Perseorangan
13. Badan usaha yang merupakan perkumpulan orang-orang dan bertujuan untuk
menyejahterakan anggotanya adalah…
a. perseorangan d. CV/Komanditer
b. Firma e. PT
c. Koperasi
14. Salah satu contoh badan usaha yang mendapat monopoli di Indonesia
adalah…
a. a. PT. Peli d. PT. Pos dan Giro
b. b. PT. Garuda Indonesia e. PT. Danin
c. PT. Krakatau Steel
15. Dalam organisasi koperasi pengurusan koperasi ditentukan oleh…
a. Besar modal yang dimasukkan
b. kantor Pembina koperasi
c. rapat anggota koperasi
d. masyarakat setempat
e. keahlian yang dimiliki
16. Segala upaya yang dilakukan badan usaha untuk memperoleh modal dengan
cara terbaik dan memanfaatkannya dengan cara efektif desebut…
a. Fungsi badan usaha
b. tujuan badan usaha
c. Permodalan badan usaha
d. Peranan badan usaha
e. Ciri badan usaha
17. Berikut ini bukan ciri Badan Usaha Milik Negara, yaitu…
a. Kedudukan pemerintah sebagai pemegang saham
b. Pemerintah bertindak sebagai pemegang hak atas segala kekayaan
c. Pengawasan dilakukan oleh alat perlengkapan Negara
d. Semua keuntungan menjadi hak Negara
e. Pemerintah berkuasa atas segala kegiatan badan usaha
18. dibawah ini adalah termasuk kelebihan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kecuali…
a. Menguasai sektor yang vital bagi kehidupan rakyat banyak
b. Sulit memperoleh keuntungan bahkan seringkali merugi
c. Mendapat jaminan dan dukungan dari negara
d. Permodalannya sudah pasti karena mendapat modal dari Negara
19. Lembaga yang turut serta membantu pemerintah dalam mengurangi
pengangguran, yaitu…
a. BUMN d. BUMS
b. Koperasi e. Badan Usaha Campuran
c. UKM
20. Badan usaha yang merupakan salah satu sumber pemasukan Negara, yaitu…
a. a. BUMN d. BUMS
b. b. Koperasi e. Badan Usaha Campuran
c. UKM
Soal Essay
1. Kemukakanlah pendapatmu peranan badan usaha !
Jawaban:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....
2. Berikan pendapatamu peranan badan usaha dalam perekonomian !
Jawaban:………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………....
Penilaian Pengetahuan
Instrumen Soal Uraian
No
|
Indikator Soal
|
Soal
|
Skor
|
1 2 3 4 5 |
Menjelaskan pengertian badan usaha dan perusahaan Membedakan badan usaha dngan perusahaan Mengidentifikasi jenis-jenis badan usaha Mengidentifikasi karakter jenis-jenis badan usaha Menganalisis kelebihan dan kekurangan badan usaha |
1. Jelaskan pengertian badan usaha dan perusahaan 2. Jelaskan beda badan usaha dengan perusahaan 3. Identifikasi jenis badan usaha dilihat dari kepemilikannya berikan contohnya 4. Apa yang kamu ketahui tentang empaat karakteristik Firma 5. Mengapa perusahaan perseorangan lebih sulit berkembang dibandingkan dengan Perseroan Terbatas |
20
20
20
20
20
|
Total skor |
100
|
1. Badan usaha adalah suatu rumah tangga ekonomi yang menggunakan modal dan
tenaga kerja guna mengusahakan pemenuhan kebutuhan hidup untuk memperoleh
laba sedangkan perusahaan adalah organisasi yang didirikan oleh seseorang
atu sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya melaksanakan produksi
dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis.
2. Beda perusahaan dengan perusahaan
Perusahaan |
Badan usaha |
1. Merupakan kesatuan tekhnik produksi 2. Bertujuan menghasilkan barang dan jasa 3. Tidak selalu bersifat resmi 4. Bersifat konkret atau nyaata seperti pabrik , toko dan bengkel |
1. Merupakan kesatuan yuridis 2. Bertujuan mencari laba 3. Bersifat resmi dan formal serta memenuhi syarat tertentu 4. Bersifat abstrak hanya dapat dilihat dari akta pendirian. |
a. BUMN/BUMD:
1). Perum contohnya Peruri, Perumnas
2). Perjan contohnya PT KAI
3) Perseroan contohnya PT Pertamina, PT PLN
b. BUMS :
1). Perusahaan perseorangan
2). Perusahaan firma
3). Persekutuan comanditer
4). Perseroan Terbatas
4. Karakteristik Firma
1. Didirikan oleh dua orang atau lebih
2. Anggota bertanggung jawab penuh terhadap perusahaan
3. Mempunyai kuasa penuh untuk bertindak atas nama firma
4. Mempunyai tanggung jawab penuh termasuk kekayaan pribadinya terhadap
perjanjian yang dilakukan oleh firma
5. Alasan Po lebih sulit berkembang dari pada PT :
1. Besarnya modal terbatas
2. Kelangsungan hidup atau kontinuitas tidak terjamin
3. Kecakapan pimpinan kurang
4. Perusahaannya relative kecil
LAMPIRAN PENILAIAN
v PENILAIAN SIKAP
1.
Instrumen Penilaian Sikap Melalui Observasi
Satuan pendidikan : SMAN 3 SIJUNJUNG
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X / Semester II
Mata Pelajaran : Ekonomi
No
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian
/perilaku
|
Butir
sikap
|
Positif
/negatif
|
Tindak lanjut
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
Kolom Aspek sikap diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut.
4 =sangat baik
3 =baik
2 = cukup
1 = kurang
Instrumen:
Penilaian
Sikap
melalui
Penilaian
Diri
Nama
:
----------------------------
Nama-nama anggota kelompok
:----------------------------
Kegiatankelompok
:----------------------------
Instrumen:
No |
Pertanyaan |
Skala |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Selama diskusi saya mengusulkan ide kepada kelompok untuk didiskusikan |
||||
2 |
Ketika kami berdiskusi, tiap orang diberi kesempatan mengusulkansesuatu |
||||
3 |
Semua anggota kelompok kami melakukan sesuatu selama kegiatan |
||||
4 |
Tiap orang sibuk dengan yang dilakukannya dalam kelompok |
||||
5 |
Kelompok saya selama diskusi |
||||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
6 |
Apa yang kamu lakukan selama kegiatan? |
:
4
=
Selalu
=
85
s.d.
100
3
=
Sering
=
75
s.d.
<85
2
=
kadang-kadang
=
60
s.d.
<
75
1
=tidak
pernah
=
<
60
3.
Instrumen
:
Penilaian
Antar
Peserta
Didik
No |
Pertanyaan |
Skala |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Mau menerima pendapat teman |
||||
2 |
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya |
||||
3 |
Sekolah |
||||
4 |
Memberi solusi tehadap pendapat yang bertentangan |
||||
5 |
Diterapkan Memperhatikan kebersihan diri |
||||
6 |
Sendiri |
||||
7 |
Mau bekerjasama dengan semua teman |
||||
8 |
Menyelesaikanpekerjaan |
||||
9 |
Menyelesaikan tugas tepat waktu sesuai dengan petunjuk guru |
||||
10 |
Apabila diberikan tugas oleh guru Bertutur kata yang sopan |
4 = Selalu (85 – 100) 2 = Jarang (60 - <75)
3 = Sering (75 - <85) 1 = Sangat jarang (< 60 )
v PENILAIAN DISKUSI
INTRUMEN PENILAIAN
OBSERVASI KEGIATAN DISKUSI
Satuan pendidikan : SMAN 3 SIJUNJUNGOBSERVASI KEGIATAN DISKUSI
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X / II (GENAP)
Mata Pelajaran : Ekonomi
No
|
NIS
|
Nama
|
Indikator
|
Jumlah score
|
|||
Gagasan
|
Kebenaran konsep
|
Kerja sama
|
Keaktifan
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|||||||
9
|
|||||||
10
|
|||||||
11
|
|||||||
12
|
|||||||
13
|
|||||||
14
|
|||||||
15
|
|||||||
16
|
|||||||
17
|
|||||||
18
|
|||||||
19
|
|||||||
20
|
|||||||
21
|
|||||||
22
|
|||||||
23
|
|||||||
24
|
|||||||
25
|
Kriteria:
5 = sangatbaik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangatkurang

Tidak ada komentar:
Posting Komentar